.

advertising

Tuesday, November 17, 2009

Perokok Pasif




Bayangkan berada pada angkutan umum dan ada yang merokok dengan cueknya. Nyebelin banget, kan? FYI, risiko menjadi perokok pasif itu lebih berbahaya dari si perokok lho! Seorang perokok hanya menghisap 15% dari asap rokoknya, sedangkan sisanya yang 85% tersedia untuk dihisa para perokok pasif. Asap rokokyang 'ditelan' perokok pasif mengandung 4000 bahan kimia berbahaya yang 43 diantaranya bersifat karsinogen (zat penyebab kanker). Pengaruh asap rokok pada perokok pasif itu 3x lebih buruk daripada debu batubara.


Hadiah penyakit untuk perokok pasif juga beragam, mulai dari gangguan pernapasan, infeksi telinga, gangguan pertumbuhan paru-paru dan berisiko terkena kanker paru. Hiiy... serem banget loh! Selain itu juga perokok pasif juga bisa mengalami kelambatan penyembuhan luka, karena asap rokok membuat sel firobias yaitu sel yang membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak jadi saling merekat dan kurang aktif bergerak.

Kurangi risiko menjadi perokok pasif dengan rajin mengkonsumsi vitamin C murni, buah-buahan dan sayur-sayuran. Sudah tahu ruginya kan?? Jadi, mulai tegur para perokok yang berani-beraninya merokok disekitar kita. Apalagi sekarang sudah ada perda tentang larangan merokokdi tempat umum.

Reaksi:

1 comment:

  1. wah setuju bangettt..
    kalo ngrokok mending jangan ditempat umum, buat kamar sendiri, rokok sendiri,isep sendiri !!

    ReplyDelete