.

advertising

Sunday, November 22, 2009

Global Warming




Pemanasan global adalah kejadian meningkatnya.temperatur rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Intergovermental Panel on Change (IPCC) menyimpulkan bahwa "Sebagian besar peningkatan temperatur rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia melalui efek rumah kaca."


Pemanasan global sudah terjadi sejak dulu, buktinya bumi bisa panas padahal dulu bumi mengalami zaman es, tapi sekarang sebagian besar permukaan bumi sudah tidak tertutup es lagi. Penyebab pemanasan global yang paling sering dikarenakan efek rumah kaca. Sebenarnya, efek rumah kaca ini sangat dibutuhkan oleh segala makhluk hidup yang ada di bumi untuk menghangatkan planet ini dan menghindari seperti yabg terjadi di zaman es. Akan tetapi, rumah kaca memantulkan cahaya matahari sehingga cahaya mataharinya berbalik arah dan lapisan ozon semakin menipis.

Rumah kaca juga mempunyai jumlah gas-gas yang telah berlebih di atmosfer, pemanasan global menjadi akibatnya. Gas-gas efek rumah kaca antara lain seperti CO2, metana dan ozon (O3 ini bukan yang ada di atmosfer, tapi yang ada di sekitar kita). Efek pemanasan global dapat menyebabkan es di kutub dan di pegunungan mencair. Es-es ini mencapai laut dan mengakibatkan ketidak seimbangan kandungan mineral laut sehingga pertukaran energi panas dan dingin di bumi terhambat hasilnya terjadi perubahan iklim yang ekstrim.

"Jaga dan hormati bumi ini maka ia akan membalasnya dengan cinta. Masa depan semesta ini kita semua yang menentukan."

Reaksi:

3 comments:

  1. waduh bahaya, bisa tenggelam semua

    ReplyDelete
  2. wahh 2012 ni,
    wekekekek...
    pulau2 kecil bahal hilang.

    ReplyDelete
  3. sedikit bersimpati

    sebisa mungin mengurangi penggunaan plastik
    :)

    ReplyDelete