.

advertising

Sunday, October 4, 2009

The Lost World In Indonesia

Para ilmuwan mengklaim bahwa mereka telah menemukan 'dunia yang hilang' dimana beberapa spesies hewan yang belum ditemukan terdapat di sana termasuk diantaranya adalah katak dan tikus raksasa dengan ukuran tubuh sebesar kucing. Ekspedisi yang dilakukan oleh BBC menjelajahi kawah raksasa sebuah gunung berapi yang terletak di dataran tinggi Papua Nugini untuk membuat film dokumenter Lost Land of the Volcano.

Didampingi oleh ahli biologi pertama yang pernah menginjakkan kaki di kawah, tim peneliti itu memfilmkan labah-labah aneh, ulat raksasa dan kanguru yang hidup di pohon. Sementara itu tikus yang berada di pulau itu panjangnya mencapai 81cm dari hidung ke ekor dan beratnya mencapai 1,3kg.

Kawah Gunung Bosawi dengan kedalaman beberapa meter hampir-hampir tak pernah tersentuh oleh tangan manusia semenjak meletus 200,000 tahun silam. Tim peneliti yang termasuk diantaranya berasal dari London Zoo dan Oxford University diperkirakan adalah orang-orang pertama yang memasuki kawah tersebut.


Pemimpin ekspedisi, Dr George McGavin mengatakan, "Ini luar biasa mengejutkan. Sudah waktunya kita menurunkan tangan dan memutuskan habitat ini layak diselamatkan." Di kawah tersebut mereka menemukan 40 spesies baru diantaranya 16 spesies katak, satu spesies tokek, 3 spesies ikan, 20 spesies serangga dan labah-labah dan satu spesies kelelawar.


Anehnya, kenapa selalu orang luar yang lebih perduli kepada lingkungan kita? padahal daerah itu kan kepunyaan kita seharusnya kitalah yang terlebih dahulu menemukannya. Kayaknya memang tingkat kesadaran bangsa Indonesia sudah di fase kritis.

Banyak yang bilang kalo The Lost World itu bukan di Indonesia melainkan Papua New Guinea. Kayaknya salah dech. Karena BBC juga melansir bahwa The Lost World ada di Indonesia tepatnya di gunung foja kalo gak percaya nich fotonya.



Terus yang Ini foto hewan-hewannya.








Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2462468 (lulu_007)
http://news.bbc.co.uk/2/hi/science/nature/4688000.stm

Reaksi:

6 comments:

  1. wah wah wah... keren tuh...
    itu berarti kita harus segera menjaga habitat langka yang kita punya, jangan sampe di claim sama negara luar lagi....

    satu hal yang paling penting, isu kemerdekaan papua masih sangat santer loh... jangan sampe deh papua lepas dari Indonesia...

    ReplyDelete
  2. binatangnya lucu-lucu,... sayang banget kalo gak diselamatkan.

    kalo menurut saya sih ada beberapa faktor yang menyebabkan kita selalu telat menyelamatkan lingkungan, diantaranya adalah faktor dana, dan minimnya lembaga yang mau menanganinya secara serius.

    ReplyDelete
  3. Nah ini nih, banyak yang harus dikerjakan oleh pemerintah kita.Jangan pas sudah di claim baru pada sibuk :D

    ReplyDelete
  4. GIMANA KALO KITA BENTUK TIM EKSPEDISI UNTUK PENELITIAN HEWAN HEWAN LANGKA KE SELURUH PELOSOK INDONESIA, KARENA AKU YAKIN MASIH BANYAK SPESIES FLORA / FAUNA YG BELUM TERJAMAH.

    ReplyDelete