.

advertising

Friday, August 14, 2009

Berpikir Optimal



http://www.godongkates.co.cc

Berpikir optimal untuk mengambil keputusan sederhana.
Pernah bingung mengambil keputusan? mungkin postingan dibawah ini bisa membantu untuk memecahkan masalah yang sifatnya sederhana.

  1. Definisikan Masalah
  2. Tentukan batas waktu kapan keputusan diambil
  3. Cari alternatif memecahkan masalah dan amati
  4. Hilangkan pilihan yang nggak realistis
  5. Tulis kelebihan dan kekurangan
  6. Rata-ratakan atau beri nilai pada masing-masing dengan skala 1-10 1 = Paling tidak penting s/d 10 = Paling penting
  7. Tentukan pilihan mana yang terbaik


Contoh Kasus:
  1. Masalah :Saya pengen punya gitar, tapi belum ada duit
  2. Batas waktu :Jam 12.00 siang ini
  3. Pilihan 1 :Ngutang ama temen
    Pilihan 2 :Minta ama ortu
    Pilihan 3 :Cari duit sampe dapet
    Pilihan 4 :Minjem gitar temen yang kira-kira bisa lamaaaaaaa
  4. Pilihan yang masih realistis : 1,2 dan 3


Dan kayaknya nilai tertinggi akan jatuh pada pilihan ke 3
      Nah, jangan kaget dulu ama jawabannya, makanya pastikan kamu mengisi alasan-alasan dengan tepat sesuai dengan penalaran dan hatimu. Oke? Jangan bingung lagi.

Reaksi:

5 comments:

  1. kadang kita bingung dengan pilihan yang mungkin sepele gitu karena keadaan yang kacau :D

    ReplyDelete
  2. aihh pengen punya gitar ampe segitunya :D

    ReplyDelete
  3. nabung dulu aja daripada minjem temen... barangnya kan banyak,, ga langka.. jadi bisa menunggu :)

    ReplyDelete