.

advertising

Friday, June 19, 2009

Superman Is Dead



Sebuah ban ber genre punkrock yang berasal dari bali dan digawangi oleh Bobby Kool(lead vocal n guitar), Eka Rock(laid back bass n backing vocal), N my favorite person Jrx(drummer and a hairwax junkie). Superman Is Dead adalah band yang lahir 14 tahun lalu. Nama Superman Is Dead sendiri berarti "there's no such thing as a perfect person out there" dalam bahasa indonesianya berarti tidak ada manusia yang sempurna di luar sana. SID sendiri adalah band yang menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika. Yang terlihat dari beberapa lagu SID di album-album terdahulunya seperti Kita Vs Mereka dan kuat kita bersinar. Saat ini SID sedang menjalani turnya di Amerika yaitu Vans Warped Tour.

SID adalah band kedua yang berhasil masuk ke ajang warped tour setelah band dari beijing. SID membuktikan bahwa musik yang mereka bawakan bisa menembus pasar internasional. Bahkan bisa mengikuti ajang musik paling berkelas di Amerika. Mereka ingin menonjolkan Energi Positive di setiap turnya, kerja keras dan semangat unity in diversity a.k.a Bhinneka Tunggal Ika. SID juga mempunyai tantangan besar untuk ditaklukkan, yaitu musik indonesia yang sekarang dihuni oleh band-band yang seragam. Mereka ingin menunjukkan bahwa musik indonesia ini sangat berwarna. Dan yang memperlihatkan mereka seragam adlah band-band yang tampil di TV selalu beraliran itu-itu saja. Dan SID ingin "menaklukkan" industri musik indonesia.



Hal-hal yang di suarakan SID dalam setiap liriknya bukanlah hal yang rumit. mereka hanya ingin menyampaikan issu yang gencar dihadapi oleh negara kita ini. Contohnya issu HIV, global warming, dan kerusuhan antar bangsa. Mereka merasa peduli tentang apa yang terjadi pada bangsa ini, walaupun banyak musisi-musisi lain yang menganggap cara ini tidak efektif. "Buat apa musisi bicara tentang kesetaraan, perdamaian? Useless! Sudah sana cari duit saja, main aman, nyanyi cinta, kalian tidak akan bisa merubah Indonesia". Memang pemikiran yang sempit. And you know what? We don't give a flying fuck about what you think of us. We're rebels and we like to take some risk, kata SID. Tapi SID mencintai Indonesia dan ingin melakukan sesuatu yang positif untuk pemikiran generasi muda bangsa ini. Bagi SID, rasa ketidak pedulian tidak akan membawa kita kemana-mana. Menjadi peduli adalah tindakan yang bernyali. Karena mereka punya musik, maka musik lah yang mereka pakai sebagai "senjata". Mereka tidak pernah menemukan kesulitan besar karena mereka nyaman dengan apa yang mereka lakukan. Mereka nyaman berada di posisi ini: "sebuah band minoritas dengan fanbase kuat yang tidak takut menjadi dirinya dan selalu berpesta keras untuk Bhinneka Tunggal Ika. Does that sounds familiar di Indonesia? No. Hell no.",

SID ingin diaggap sebagai ikon musik Bali atau lebih tepatnya ikon musik berandalan Bali. Dan SID ijuga ingin dikenang sebagai Band yang membuat orang tua dan pacar anda resah. Keep Rockin'.

Reaksi:

1 comment: