.

advertising

Tuesday, February 10, 2009

Mempercantik Blog dengan Foto Gratis



Yang namanya gratisan pasti menarik. Mulai sembako gratis untuk masyarakat pra sejahtera (minjam istilah pemerintah) hingga majalah gratis di lounge bandara, semuanya pasti laris diserbu. Saya tidak tahu apakah ini sifat alamiah manusia, namun jelas kalau kita suka yang gratisan.

Tulisan ini juga akan membahas yang gratisan untuk blog anda. Adalah Photodropper, sebuah plugin wordpress yang akan mempercantik blog dengan foto gratis . Meski gratis, penggunaan foto karya orang lain ini legal karena dibawah perjanjian Creative Common.

Creative Common sendiri adalah sebuah organisasi nirlaba yang melahirkan perjanjian hak cipta terhadap kekayaan intelektual (Creative Common Licenses). Melalui perjanjian ini kita bisa menggunakan karya seseorang dengan bebas tanpa berbayar asal tetap menyertakan nama pengarang/ pemiliknya. Karya Creative common ditandai dengan tulisan cc dalam lingkaran. Jadi, udah gratis, legal pula!

Saya sendiri sudah beberapa lama menggunakan plugins ini untuk memperoleh foto ilustrasi blog saya. Hasilnya sangat memuaskan! Beberapa foto yang semula sulit ditemukan, saya dapatkan fotonya dengan bantuan plugin ini. Hebatnya lagi, kita tidak perlu meninggalkan halaman wordpress untuk mencari foto. Hasilnya dapat anda lihat di blog ini.



Foto gratis untuk blog bisa didapat melalui flickr dengan bantuan plugin photodropper

photo credit: msc-web.de

Setelah diinstal dan diaktifkan di wordpress, silahkan masukkan kata kunci yang yang anda inginkan. Pilihan foto kemudian akan tampil dalam ukuran thumbnail namun tetap dalam halaman “write post” di wordpress kita. Foto-foto tersebut merupakan koleksi Flickr, salah satu situs foto hosting terbesar didunia. Selanjutnya silahkan memilih foto yang hendak dimuat dalam blog. Meski ada banyak pilihan foto, jangan bernafsu memasukkan banyak foto karena itu akan memperberat waktu loading blog anda.

Kunci keberhasilan penggunaan plugin ini adalah permainan kata kunci. Jika satu kata kunci belum memberikan hasil yang memuaskan, masukkan kata kunci lain yang sepadan untuk memperluas hasil pencarian. Penggunaan kata kunci berbahasa inggris akan lebih memperbesar kemungkinan untuk mendapat foto yang diinginkan.
Contoh: jika kata kunci “kids sandals” belum memberikan foto yang diinginkan, anda bisa mengganti kata kunci itu dengan “childrens slippers” atau variasi lainnya.

Selain itu berhati-hatilah jika hendak meng-upgrade versi wordpress. Wordpress versi terbaru biasanya juga menuntut plugin versi terbaru. Photodropper yang saya pakai di Wordpress 2.2 ngadat ketika saya mengupgrade salah satu blog saya ke versi 2.5. Kejadian ini menurut saya akan terus berulang di versi-versi selanjutnya.

Jadi tunggu apa lagi? Selamat berburu foto gratis untuk blog anda!

Keep in bloggerhood!

Untuk download Photodroper silahkan klik disini.

Reaksi:

1 comment:

  1. Ijin CoPas Bos...
    Sekedar Untuk Berbagi Kembali...

    ReplyDelete