.

advertising

Sunday, February 1, 2009

Masjid Terbesar di Rafah Hancur




Selain ribuan rumah warga dan kantor pemerintahan, seranngan rudal-rudal Israel ke wilayah Gaza juga menghancurkan rumah-rumah ibadah. Salah satunya adalah Masjid Al-Abror, masjid terbesar di Kota Rafah. Masjid yang terdiri dari empat lantai ini hancur, terutama di bagian bawah, setelah dihantam rudal Israel tepat pukul 00.00 waktu setempat.

Lantai paling bawah masjid ini merupakan tempat pertemuan. Sedangkan lantai dua, tiga, dan empat menjadi masjid. Hampir tiga lantai hancur total. Bagian dalam masjid sudah tak lagi berbentuk, tak ada mimbar, serta tak ada lagi tempat salat. Yang ada hanya puing-puing.

Saat ini, hanya lantai empat yang bisa digunakan untuk salat, itupun dalam kondisi darurat. Sebab

riskan jika banyak orang berada di atas karena dikhawatirkan masjid akan runtuh mengingat sebagian tiang-tiangnya ambrol.

Israel merudal Al-Abror dengan alasan masjid itu menyimpan senjata-senjata Hamas. Namun, tudingan Israel itu dibantah warga Rafah. "Israel membom masjid karena tidak menghendaki masjid menjadi pusat pendidikan dan hafalan alquran," kata Abu Hamzah. Warga rafah kini berjibaku membersihkan puing-puing reruntuhan dan secara perlahan membangun kembali masjid kebanggaan mereka.(BOG/Mauluddin Anwar dan Yon Helfi)

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment