.

advertising

Wednesday, January 21, 2009

Review PC Game : Grid



Grid merupakan sekuel game balap terbaru dari Codemaster, dimana perusahaan developer game ini yang sebelumnya pernah mengarap game reli yang berjudul Dirt.

Jika game sebelumnya dari Codemaster menemakan reli, Grid akan membawa anda mengendarai berbagai macam mobil balap hingga mobil Formula 1 dari berbagai pabrikan mobil terkenal di seluruh penjuru dunia. Seperti Toyota, Ford, Audi, Nissan, Honda, TVR, dan sebagainya. Selain itu di sepanjang lintasan yang terdapat pada game ini, akan terlihat berbagai macam merek sponsor yang juga merupakan merek - merek terkenal yang pernah ada di dunia sebenarnya. Seperti Vodafone, RedBull, Fila, Dell, AMD, Castrol, Michelin, Puma, JVC, Rolex, Shell, Dunlop, Ebay Motors, Sparco, Good Year, NGK, dll.


Gameplay
Grid menyediakan 3 mode permainan yang dapat dipilih, yakni Grid World, Race Day, dan multiplayer via koneksi internet. Dalam Raceday merupakan mode arcade, dimana pada mode tersebut, anda bisa memilih mode balapan yang tersedia, seperti Drift battle, Drift GP, Freestyle Drift, Pro Touge, Midnight Touge, GT Club, 24 Hours of Le Mans, Le Mans series, Demolition Derby, Pro tuned, Pro Muscle, Touring Cars, Open Wheel (Mobil Formula). Setelah itu, kamu memilih mobil, lokasi, lintasan balapan, jumlah lap, dan tipe goresan sticker yang menempel di mobil. Untuk lokasi - lokasi balapan diambil dari beberapa negara yang ada di dunia, mulai dari asia hingga ke barat, seperti Okutama, Shibuya, Yokohama, Milan, Washington, Detroit, San Francisco, dll. Dari lokasi diatas, dijabarkan lagi menjadi beberapa lintasan balapan, seperti lokasi Shibuya dengan lintasan Street Circuit, Hachiko Drift, dll.

Sedangkan untuk RaceWorld merupakan mode Story, dimana anda sebagai pembalap pemula yang melangkahkan karirnya hingga ke tingkat profesional dan menduduki peringkat satu dunia. Dalam mode tersebut, anda akan ditawarin berbagai event balapan. Yang dijabarkan lagi menjadi 2, baik itu mengatasnamakan nama pembalap atau nama tim mu. Semakin kamu sering terjun ke dalam berbagai event yang ditawarkan dan berhasil menjuarainya, maka semakin banyak point yang dikumpulkan, peringkat nama pembalap di papan dunia juga semakin naik, uang dan sponsor yang didapat semakin bertambah, Mobil di garasi semakin menumpuk, dan sebagainya.

Jika berhasil memenangkan sebuah balapan, kamu akan mendapatkan sejumlah uang atas keberhasilanmu dan jika berhasil lagi menyelesaikan bonus objektif, seperti berhasil finish dengan peringkat diatas 6, maka akan mendapatkan tambahan uang lagi. Uang yang berhasil dikumpulkan akan dipergunakan untuk membeli mobil. Saat membeli, anda dapat memilih untuk membeli mobil baru atau membeli mobil bekas yang pernah dipergunakan oleh pembalap lain di Ebay Motors. Harganya juga lumayan murah. Tapi untuk beberapa tipe mobil akan lebih mahal dari mobil baru. Karena dilihat dari sejarah mobil tersebut, seperti karena pernah digunakan oleh pembalap yang memiliki peringkat tertinggi atau mobil tersebut menjuarai balapan terbanyak.

Seperti yang saya katakan diatas, kamu juga akan mendapatkan merek sponsor. Pemasangan merek sponsor sangat berpengaruh, karena para sponsor akan mengimingkan uang bonus jika kamu berhasil menjuarai balapan diatas peringkat yang telah ditentukan oleh pihak sponsor. Seperti contoh sponsor Wataco akan memberikan bonus uang sebesar 40.000 jika kamu berhasil menyelesaikan balapan diatas peringkat ke 3.

Game ini juga menyertakan sistem kerusakan (damage) yang mesti di perhatikan selama memacu mobilmu di sepanjang lintasan. ini juga menambah point realistis bagi sebuah game balap. So, selama melaju kencang, anda mesti berhati-hati menjaga jangan sampai terjadi tubrukan. Karena setiap tubrukan yang terjadi dapat merusak bagian dari mobil, seperti empat roda dari mobil, mesin, gigi trasmisi, softbreaker, dan kemudi, yang dapat dimonitor pada sudut kanan layar permainan. Contoh, jika gambar roda kiri berwarna merah, maka kamu bakal merasakan kestabilan mobil kamu berkurang. Dan jika terjadi tubrukan yang sangat keras sekali dapat terjadi kerusakan parah dan mobil pun tidak dapat digunakan lagi.

Tapi, anda tidak perlu khawatir, game ini menyediakan sebuah fitur Flashback. Fitur ini dapat kamu pergunakan bedasarkan jumlah point Flashback yang dimiliki pada saat itu. Caranya cukup gampang, tinggal kamu tekan tombol F2 untuk memundurkan tayangan replay secukup keingiannmu dan tekan F12 untuk kembali mengulang balapan dari posisi yang telah ditentukan tadi. Nah dari posisi tadi, kamu sudah bisa wanti - wanti supaya kecelakaan tadi tidak terulang lagi.

Grafis ciamik
Kualitas grafis pada game ini memang top dan sudah sekelas dengan grafis pada konsol next-gen, apalagi jika anda mengunakan kartu grafis terbaru dari Nvidia atau ATI.
mobil - mobil balap terlihat sangat mendetil, mulai dari lekukan bodi mobil, pelek roda dan cakram hingga ke dalam interior mobil, terlihat dengan jelas pada spedometer dan aksesoris balap lainnya.

Begitu juga dengan stiker sponsor yang menempel di bodi mobil terlihat dengan jelas huruf demi hurufnya. Kemudian jika mobilmu lecet terlihat pula goresan yang menandakan cat mobilnya mengelupas. Selain itu, ditambah lagi dengan berbagai efek untuk mempermanis gambar dan memberi kesan yang realitis, seperti efek pencahayaan, efek asap dan debu yang dinamis, serta perubahan cuaca dari pagi menjadi malam dalam perlombaan Le Mans 24 jam.


Dan satu lagi yang tidak kalah pentingnya, yakni efek fisik. Efek yang satu ini mengkalkulasikan segala tubrukan yang terjadi dan memberikan efek kehancuran yang seharusnya. Seperti sengolan antar mobil akan mengakibatkan lecet pada mobil, kemudian menimbulkan percikan api dan jika terjadi tubrukan keras, bagian dari mobil akan copot dan terpental.

Suara mantap
Musik yang dikemas dalam game ini sungguh sangat pas. Iramanya yang cepat sungguh memacu semangat dalam mempercepat laju mobilmu. kemudian anda juga akan mendengar suara woshh... saat melaju cepat melewati objek yang dekat dengan kita, seperti papan sponsor. Kemudian suara pemindahan gigi transmisi juga terdengar seperti yang seharusnya, begitu juga dengan suara mesin mobil disesuaikan dengan suara mesin mobil yang sebenarnya.

Overall very good
Grid sungguh merupakan sebuah game balap yang spektakuler untuk saat ini. Berbagai variasi mode balapan, berbagai tipe mobil balap, hingga puluhan lintasan dari berbagai negara, mode story yang panjang, dikemas untuk membuat pemain menikmati game ini hingga kelupaan waktu karena keasikan.

Disitu.Com Score 95

Gameplay : 90

Graphic : 90

Sound : 85

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment