.

advertising

Sunday, January 18, 2009

Head-On: Audition Ayodance Vs. Idol Street



Pasar game online di Indonesia saat ini sudah tampak semakin berkembang. Begitulah kenyataan yang tengah saya lihat pada saat ini. Pasar game online Indonesia yang semula lebih dikuasai oleh game-game bergenre MMORPG, kini perlahan-lahan mengalami pergeseran tren. Hal ini bisa dilihat dari pengaruh casual games macam Audition Ayodance dan Idol Street yang tengah marak dimainkan oleh gamer Indonesia. Meskipun banyak gamer menganggap bahwa kedua game tersebut memiliki kesamaan dalam hal gameplay, masing-masing game tersebut punya perbedaan yang cukup mencolok hampir di setiap aspeknya.


Tampilan salah satu mode pada Audition Ayodance yang dimainkan oleh enam pemain

Era game online bergenre musik di Indonesia sebenarnya telah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu, lebih tepatnya pada saat game O2 Jam dirilis. Disebut sebagai sebuah breakthrough dalam dunia game online Indonesia saat itu, O2 Jam sempat menarik perhatian para casual gamers. Kemudian, di akhir tahun 2006, Megaxus Infotech telah memulai sebuah tren yang lebih baru dari pendahulunya lewat game online dance battle yang dikembangkan oleh T3 Entertainment. Diadaptasi dari sebuah komik Korea yang berjudul Audition, Audition Ayodance (dikenal dunia dengan judul Audition Online) tampil dengan membawakan sejumlah fitur yang cukup segar dalam dunia game online di Indonesia. Gameplay utama yang ditawarkan di sini yaitu dimana gamer harus menekan sederetan tombol yang muncul di layar dengan setepat mungkin. Selain menawarkan gameplay dengan teknis yang terbilang baru, game ini juga cukup mengutamakan fitur “Mall”-nya. Fitur Mall dalam game ini menampilkan sejumlah besar pakaian dan fasilitas tambahan lainnya yang bisa gamer peroleh dengan membayar. Seiring dengan update patch yang dilakukan secara rutin, game ini menjadi semakin berkembang dari waktu ke waktu, bahkan sampai saat ini. Tidak hanya dimainkan di Korea dan Indonesia, game ini juga telah dimainkan oleh gamer dari sekitar 18 negara besar di dunia dan dikenal sebagai game online dance battle nomor satu dunia.


Salah satu gaya "Stunt" yang ditampilkan pada Idol Street

Pada pertengahan tahun 2008 lalu, salah satu pelopor dalam perkembangan sejarah game online di Indonesia, Lyto telah meluncurkan sebuah game online baru buatan Snail Game dengan gameplay yang cukup mirip dengan Audition Ayodance. Idol Street, atau yang lebih dikenal dunia dengan judul 5th Street, merupakan sebuah game online yang juga mengusung tema dance. Meskipun dilihat sepintas menampilkan gameplay yang hampir sama dengan Audition Ayodance, Idol Street menyajikan sejumlah fitur yang cukup berbeda dengan Audition.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment